Saya bukan polisi ya namun di pengalaman saya polisi biasanya membiarkan pengendara yang santuy dan terlihat lengkap motornya.

Saya beberapa kali lolos pemeriksaan karena motor saya standar + spion 2 dan saya menggunakan helm + jaket. Polisi diam saja saat saya lewat.

Dan yang terlihat adalah tingkah kita saat ada pemeriksaan, jika anda panik dan langsung putar balik 99% polisi akan mengejar anda karena mencurigakan, oleh karena itu santuy adalah keharusan.

Santai, jangan gugup. jalan tenang seolah lengkap. jika di depan ada polisi jangan mendadak menghindar dgn pindah jalur. tetap jalan lurus mengarah ke polisi seolah pasrah. SIM saya udah lama mati dan setiap hari lewat di lampu merah yg tiap hari ada razia. aman tidak pernah di berhentiin.

Kondisi ini baru bisa anda coba jika hanya masalah SIM atau STNK anda tidak dibawa atau mati. jika ada kelengkapan motor yg tidak lengkap jangan coba2 berjalan santai, langsung kabur aja. misal gak pake helm, gak ada spion, gak ada plat nomor, matiin lampu depan. sekali ketahuan kamu langsung di stop.