Seorang pria yang dulu saya kenal adalah seorang pengedar narkoba. Dia memperoleh $20.000 sehari. Semuanya tunai.

(Beberapa tahun kemudian dia masuk penjara. Bukan karena kejahatan pencucian uangnya, tapi karena dia tertangkap membawa narkoba di kendaraannya)

Jumlah $20.000/hari itu kecil. Cuma, dia bekerjanya sendirian. Yang artinya, dia mencuci uang dalam jumlah besar. Kalau sudah masuk 7 dijit (dalam dolar), Anda akan segera kehabisan cara menghabiskan uang tunai tersebut. Uangnya menumpuk. Anda tidak bisa menghabiskannya cukup cepat.

SANGAT sulit menghabiskan uang dalam jumlah besar. Jumlah sepeda gunung atau PS4, selain barang-barang lain, yang Anda bisa beli terbatas. Terus, Anda masih harus menyimpan barang-barang tersebut

Lalu, uang dalam brankas tersebut bisa dicuri. Setengah alasan pengedar narkoba saling baku tembak adalah karena mereka tahu musuh punya banyak uang tunai di tangan.

Selain itu, uangnya tidak “bekerja” untuk mereka. Tidak banyak pengedar narkoba yang melakukan kegiatannya karena mereka suka menjadi pengedar narkoba. Mereka melakukannya karena hanya itu cara yang mereka tahu untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Banyak yang lebih suka memasukkan uangnya ke dalam sistem keuangan. Beli rumah, mobil, apapun. Cuma saja, sangat sulit dan semakin sulit melakukan transaksi secara tunai. Hampir tidak mungkin tanpa menimbulkan kecurigaan badan pemerintahan.

Pada akhirnya, transaksi tunai jumlah besar menimbulkan pertanyaan akan asal mula uang tersebut.

Kalau Anda (di AS) menyimpan uang lebih dari seribu dolar, bank diwajibkan untuk melapor pada Badan Pengawas Kejahatan Finansial Bendahara Negara AS (FinCEN). Semua transaksi tunai punya masalah ini. McDonald’s lingkungan Anda, sama, uang banyak tersebut mengharuskan pembuatan Laporan Aktivitas Mencurigakan setiap hari.

Dan, para pengedar narkoba (sudah jelas) akan kesulitan menjelaskan kenapa mereka menyetorkan uang sebanyak itu. Orang yang saya singgung di atas? Dia akan kesulitan menjelaskan apa pekerjaan seorang pengangguran yang dikeluarkan dari sekolah menengah umum sampai bisa menyetor $50.000 tunai tiap minggu.

Anda mungkin akan bilang, “kenapa tidak setor saja sedikit demi sedikit?”

Anda jahat ya.

Kalau Anda menyetor dalam jumlah di bawah batas laporan setiap hari untuk menghindari kewajiban lapor, ini tindak kejahatan federal yang dikenal sebagai structuring. Hukumannya kejam. Asal Anda tahu, banyak yang sudah dikenai tuduhan melakukan structuring… semata-mata karena membuat setoran besar. Tanpa sama sekali kaitan dengan narkoba atau kejahatan lain.

Pemerintah menganggap pemantauan ekonomi hal yang sangat serius.

Jadi, pada dasarnya, orang ingin menyembunyikan asal-usul uangnya, karena pemerintah memasang rintangan demi memantau aktivitas ekonomi, dengan harapan bisa mendeteksi aktivitas ilegal.

Jadi mungkin Anda berpikir, “bagaimana caranya saya memalsukan asal uang tunai saya, bayar pajak, dan membuat uang ini seolah-olah sesuai hukum?”

Itulah pencucian uang. Dan jelas, pencucian uang itu ilegal.