Siang itu saya menyambangi kediaman mister M di sebuah desa di kecamatan Suruh di Pinggiran kota Salatiga, saya mendapatkan undangan khusus untuk datang dan wawancara mengenai pekerjaan unik mister M yang seorang blogger. Bagi yang belum begitu paham apa itu blogger, blogger adalah pekerjaan membuat website lalu web tersebut dibuat sedemikian rupa supaya ramai pengunjung dan bisa menghasilkan uang dari iklan atau jualan produk, simplenya seperti itu.

Pertama kali datang ke Markas Mahesa ID ( sebutan markas mister M) saya mendapati ruangan kerjanya cukup minimalis, hanya diisi beberapa komputer dan laptop, beberapa anak magang yang sedang bekerja membuat artikel dan menonton youtube. Rumah mister M yang Mewah alias mepet sawah ini sudah disulap menjadi ruang kerja yang sanggup menampung 5 orang anak, sedangkan mister M sendiri mempekerjakan 2 orang karyawan tetap untuk menulis artikel dan mengurusi websitenya yang konon jumlahnya 2 digit.

“Wah saiki angel mas” kata mister M seraya menyeruput kopi hitamnya saat saya memulai sesi wawancara dengannya secara tegas dia menjelaskan bahwa pekerjaaan blogger walau masih menghasilkan sudah tidak seperti jaman dulu yang masih bisa sangat diandalkan untuk mata pencaharian bulanan, sekarang untuk bisa survive dan bayar karyawan beserta domain dan hosting sudah BAGUS mas.

“Jaman saiki kalahe karo youtube”

Tak bisa dipungkiri, blogger jaman sekarang pelan tapi pasti sudah kalah pamor dengan youtube, di tengah kultur warga indonesia yang memang agak malas membaca, youtuber memang lebih menjanjikan karena selain lebih enak dinikmati kontennya lebih sering trending dibandingkan dengan blog yang memang notabene hanya dibaca ketika membutuhkan informasi.

Jika dulu penghasilan dari blog mister M bisa digunakan untuk membeli motor bahkan untuk membangun rumah, saat ini penghasilan mister M menurun drastis, bahkan untuk menutup operasional saja sudah untung, Penting berkah mas Jawab mister M diplomatis

Di sisi lain mister M juga punya misi mulia untuk mengenalkan dunia blogging dan juga internet kepada para pemuda desanya, harapannya dengan blog atau youtuber mereka bisa mandiri dan berkreasi yang tentunya bertanggung jawab serta menghasilkan

“Insyallah ke depannya saya mau mengembangkan ke Youtube juga mas”

Kalimat tersebut terlontar ketika saya menanyakan apa visi misi ke depan mister M dengan markas Mahesa ID nya

Mari kita doakan mister M terus berkarya di ranah Blog ataupun Youtube